5 Tips Atasi Kecanduan Smartphone

09.43
5 Tips Atasi Kecanduan Smartphone
Ilustrasi: sekarang ini banyak pengguna smartphone menggunakan perangkatnya untuk membaca berita (sumber: thenewshacker.com)
Siapa yang tak memiliki smartphone? Pastinya sebagian besar orang telah memiliki smartphone untuk berkomunikasi dan membantu aktivitas sehari-hari. Karena tingkat pemakaian yang tinggi, tak jarang pengguna mengalami kecanduan dengan smartphone mereka.

Bahkan, banyak orang mengaku lebih baik tak membawa dompet daripada tak membawa smartphone lantaran sudah ketagihan dengan smartphone. Lalu bagaimana mengatasi ketagihan terhadap smartphone?

Lima tips yang Tekno Liputan6.com kutip dari Android Pit, Rabu (22/2/2017) ini mungkin bisa membantu kamu mengatasi kecanduan smartphone.

1. Aktifkan Modus Silent

Saat mengetahui notifikasi smartphone berupa suara atau getaran, pengguna yang ketagihan pasti ingin langsung mengecek ponsel mereka. Hal ini yang membuat pengguna jadi tak bisa lepas dari smartphone. Cobalah untuk mengaktifkan modus silent pada smartphone kamu.

Dengan begitu, kamu tak akan mengecek smartphone tiap kali ada notifikasi. Masih ada notifikasi LED? Coba untuk membalik letak smartphone, bagian layar di bawah.

Ilustrasi Smartphone - Kredit: Man looking his phone - Freepik.com/Molostock

2. Taruh Smartphone di Tempat Tak Terlihat

Pernah dengar ungkapan 'tak terlihat, tak terpilkirkan'? Ungkapan ini pertama kali diciptakan saat Nokia merilis 3310. Mungkin ungkapan ini ada benarnya. Bagi yang ketagihan smartphone, cobalah menaruh ponsel kamu di tempat yang tak terlihat.

Misalnya kamu sedang di kantor atau berkencan, cobalah taruh smartphone kamu di saku atau di tas. Sebagian perusahaan juga meminta karyawannya untuk menaruh smartphone di sebuah keranjang saat rapat berlangsung. Tujuannya tentu agar pikiran karyawan bisa lebih fokus.

Prioritaskan Notifikasi Penting

3. Saat Sedang Berkumpul, Coba Susun Smartphone

Kamu pasti pernah jalan bareng dengan teman-teman, kan? Sadar atau tidak, seringkali saat berkumpul, orang justru asik dengan smartphone masing-masing daripada menghabiskan waktu sembari mengobrol.

Untuk mengatasinya, mungkin kamu bisa menaruh smartphone dengan menyusunnya ke atas. Alih-alih melihat ke layar smartphone masing-masing, pasti suasana berkumpul pun bakal lebih menyenangkan dan akrab.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus (Sumber: IFixIt)

4. Beri Prioritas pada Notifikasi yang Penting

"Kalau saya silent ponsel ini, bagaimana saya bisa tahu jika ada hal yang benar-benar penting," mungkin begitu pertanyaan kamu pada diri sendiri sebelum mengubah notifikasi ke modus silent.

Untuk itu, kamu bisa memberlakukan prioritas. Sekiranya ada panggilan atau SMS dari nomor-nomor tertentu, bisa kamu utamakan. Pastikan agar kamu menentukan mana yang dianggap penting dan mana yang tak penting.

Cara matikan notifikasi yang menganggu di perangkat iOS. (Doc: iMore)
5. Gunakan Smartwatch

Cara lain untuk mengatasi kecanduan terhadap smartphone adalah dengan menggunakan smartwatch. Memang, ini terkesan memindahkan notifikasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya, tetapi kamu tak perlu menatap layar smartphone terus-terusan.

Smartphone kamu bisa ditaruh di saku atau tas, jika ada notifikasi penting di smartwatch, kamu bisa membukanya langsung di smartphone.

Apple, Asus, LG, Motorola, Pebble, Sony? Mana smartwatch yang paling Anda incar? Ikuti polling-nya berikut ini

Selamat mencoba!
Previous
Next Post »
0 Komentar