Hadits-hadits Tentang Puasa Terlengkap

03.04
Sebelumnya telah saya bahas mengenai ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan puasa. Untuk melengkapinya, saya kembali dengan tema yang masih berkaitan dengan puasa yaitu hadits-hadits tentang puasa.

Jika ditulis semua dalil, ayat atau hadits tentang puasa ini sangatlah banyak. Namun disini saya insya Alloh akan menulis hanya 15 hadits yang berkenaan dengan puasa yang sering kita dengarkan. Berikut hadits-hadits tentang puasa.

Hadits-hadits Tentang Puasa Terlengkap


Dari Abu Hurairah ra., bahwa Nabi SAW. bersabda:



Artinya: “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada didalam kekuasaan-Nya, sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat daripada bau misk atau kasturi. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)




Artinya: “Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat. Puasa akan berkata, ‘Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya perkenankan aku untuk memberikan syafaat kepadanya’. Dan Al-Qur’an pula berkata, ‘Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karenanya perkenankan aku untuk memberi syafaat kepadanya’. Beliau bersabda: ‘Maka syafaat keduanya diperkenankan’.” (HR. Ahmad, Hakim dan At- Thabrani)



Artinya: “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadan dengan keimanan dan niat yang baik, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari)




Artinya: “Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari.” (HR. Bukhari)



Artinya: “Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan oleh-Nya.”



Artinya: “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil dan do’a orang yang dizholimi.” (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi dan Ibnu Hibban)



Artinya: “Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Artinya: “Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”




Artinya: “Puasa adalah perisai. Maka janganlah dia berkata-kata kotor dan berbuat bodoh. Apabila ada orang lain yang memerangi atau mencacinya, hendaklah dia katakan: ‘Aku sedang puasa’ (dua kali). “(HR. Bukhari)



Artinya: “Bagi orang berpuasa ada dua kebahagiaan: yaitu kebahagiaan ketika berbuka dan ketika berjumpa Rabbnya, bahagia karena puasanya.” (HR. Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, An-Nasai dan Ibnu Hibban)



Artinya: “…Beritahukanlah kepadaku puasa yang diwajibkan Allah kepadaku. Beliau (Rasulullah) menjawab: puasa di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)



Artinya: “Fitnah atau dosa pada diri seseorang karena keluarga, harta, atau tetangganya akan terhapus dengan sholat, puasa dan sedekah.” (HR. Bukhari)



Artinya: “Sesungguhnya di surga terdapat sebuah pintu yang bernama ar-Royyan. Orang-orang yang berpuasa akan memasukinya pada hari kiamat. Tidak ada seorangpun yang memasukinya selain mereka. Akan ada yang berseru: ‘Manakah orang-orang yang berpuasa?’. Maka bangkitlah mereka. Dan tidak akan memasukinya selain mereka. Apabila mereka telah masuk, maka pintu itu akan ditutup sehingga tidak akan ada lagi yang masuk melewatinya seorang pun.” (HR. Bukhari)



Artinya: “Apabila bulan Ramadhan telah masuk dibukakanlah pintu-pintu langit dan dikunci pintu-pintu Jahannam, dan syaitan-syaitan pun dirantai.” (HR. Bukhari)



Artinya: “Barang siapa lupa sedangkan ia dalam keadaan puasa. kemudian ia makan atau minum, maka hendaklah puasanya disempurnakan, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberinya makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah Hadits-hadits Tentang Puasa Terlengkap yang bisa saya sampaikan, semoga puasa di bulan Ramadhan, kita dapat memetik hikmah dan diberi keberkahan oleh Allah Swt. Semoga bermanfa'at.
Previous
Next Post »
0 Komentar